Suciwati Minta Ma'ruf Ingatkan Jokowi Tuntaskan Kasus Munir


Suciwati Minta Ma'ruf Ingatkan Jokowi Tuntaskan Kasus Munir Suciwati. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

 Istri mendiang aktivis HAM Munir, Suciwati, meminta Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin mengingatkan Presiden Joko Widodo agar menepati janji menuntaskan kasus dugaan pelanggaran HAM terhadap suaminya.

Hal ini menyusul janji Jokowi di periode pertama kepemimpinan untuk menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM berat, termasuk kasus pembunuhan Munir.

"Yang pasti ini kan janjinya presiden. Wakil presidennya ini kan sekarang orang yang ngerti agama, ini mengingatkan kepada presidennya bahwa dia pernah berjanji soal kasus Munir, soal kasus kasus pelanggaran HAM. Janji harus ditepati," ujar Suciwati di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (7/9).

Suciwati mengatakan, kasus Munir sebenarnya tak sulit diungkap karena telah ada dokumen dari Tim Pencari Fakta (TPF) yang menjelaskan secara rinci siapa saja pihak yang terlibat.


Terlebih Jokowi tak punya rekam jejak kasus pelanggaran HAM. Saat ini Jokowi hanya perlu membuka dokumen TPF tersebut dan menindaklanjuti rekomendasinya.

"Kasus ini sudah terang benderang, mengapa susah? Apalagi sejak awal kan presiden tidak punya rekam jejak kasus pelanggaran HAM. Apakah Anda sekarang orang yang kuat, beragama, itu yang diminta. Apakah berani tanggung jawab menuntaskan kasusnya," ucapnya.

Pemerintah sebelumnya tak membuka dokumen TPF kasus Munir dengan alasan hilang. Padahal sejumlah kelompok masyarakat sipil mengklaim dokumen itu dapat dengan mudah diakses di internet.

Dalam dokumen TPF itu telah menjelaskan secara rinci kronologis kasus pembunuhan Munir sejak awal hingga pihak-pihak yang terlibat.

Dokumen itu juga menjabarkan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti pemerintah di antaranya melakukan penyidikan lebih dalam kepada Indra Setiawan, Ramelga Anwar, AM Hendropriyono, Muchdi PR, dan Bambang Irawan.


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190907205928-12-428432/suciwati-minta-maruf-ingatkan-jokowi-tuntaskan-kasus-munir
Share:

Recent Posts